Home » , » TRADISI NGADONGKAPKEUN/SUNGKEM DI BANTEN

TRADISI NGADONGKAPKEUN/SUNGKEM DI BANTEN

Written By Turis Banten on Rabu, 23 Juli 2014 | 20.49



Provinsi Banten adalah salah satu provinsi yang yang memiliki banyak tradisi dan kebudayaan. Salah satu tradisi yang sampai saat ini masih kita temukan adalah tradisi Ngadongkapkeun saat lebaran idul fitri. 

Ngadongkapkeun adalah wujud syukur bagi warga di Provinsi Banten. Tradisi ngadongkapkeun merupakan perpaduan adat lokal dengan ajaran Islam. Intinya bentuk rasa syukur warga kepada Allah SWT dan penghormatan pada leluhur yang telah berjasa sehingga anak cucunya bisa hidup bahagia. 

"Tradisi ngadongkapkeun dilakukan di saat ada rezeki berlebih, berlangsung pada hari pertama bulan puasa, hari terakhir puasa, setelah salat Idul Fitri, sehabis ziarah kubur. Ngadongkapkeun bisa dipimpin langsung para pemimpin adat seperti kokolot lembur (tetua kampung)".

Dengan berpakaian khas Banten, yakni berwarna hitam serta penutup kepala, kokolot lembur langsung memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sehabis berdoa, masyarakat pun sungkem pada kokolot lembur. Bukti berjalan sejajarnya tradisi dan agama itu bisa dilihat ketika masyarakat sangat antusias dalam melaksanakan takbiran dan salat Idul Fitri. 



Share this post :