Home » » Tangerang Memiliki Bendungan Pintu Air Sepuluh.

Tangerang Memiliki Bendungan Pintu Air Sepuluh.

Written By Turis Banten on Minggu, 03 Agustus 2014 | 01.31



Salah satu tempat wisata yang memiliki nilai sejarah Indonesia adalah Bendungan Pintu Air Sepuluh yang berada di Kota Tangerang, Banten. Peninggalan sejarah di Kota Tangerang ini masih megah, karena terpelihara sampai sekarang. Bendungan ini dibuat oleh Kolonial Belanda Pada tahun 1920an.

Bendungan Pintu Sepuluh, karena bendungan ini memiliki tiang penyangga sebanyak sepuluh, dan terlihat seperti pintu yang berjumlah sepuluh. Bendungan ini memiliki fisik yang kokoh dan tinggi bendungan ini mencapai 110 meter.

Ternyata Niatan Kolonial Belanda kepada Indonesia tidak selamanya menjajah, tetapi membantu, contohnya saja, selain membangun bendungan untuk mengontrol ketinggian air Sungai Cisadane mencegah banjir, Pemerintah Kolonial Belanda juga membangun fasilitas pengolahan air bersih di samping bendungan yang kelak diteruskan fungsinya oleh pemerintah sebagai Kantor PDAM Tangerang guna pendistribusian air bersih untuk kawasan Tangerang.

Heru Pengelola Bendungan Pintu Air Sepuluh ini menjelaskan bahwa “Bangunan yang didirikan Kolonial Belanda ini sampai dengan saat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Tangerang, khususnya Kota Tangerang. Kalau dikonversi dengan nilai rupiah saat ini, nilai biaya pembangunan bendungannya saja seperti fisik bendungan pintu sepuluh, Pastinya menggunakan biaya yang sangat besar” Jelasnya.
Share this post :