Home » , , » WISATA ALAM BATU KUWUNG

WISATA ALAM BATU KUWUNG

Written By Turis Banten on Kamis, 17 Juli 2014 | 18.50




Banten adalah salah satu Provinsi yang memiliki banyak tempat wisata alam yang Indah, Keindahan itu menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Banten ataupun luar Banten, karena bisa menikmati keindahan alamnya. Obyek Wisata yang terkenal didaerah Batu Kuwung, Padarincang ini yaitu Pemandian Air Panasnya, yang terletak di kaki Gunung Karang, tepatnya di desa Batu Kuwung, Padarincang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. 

Pemandian air panas ini merupakan pemandian pertama yang terdapat di daerah Banten. Untuk sampai tempat objek wisata ini, kita harus menempuh35 Km dari selatan dari kota Serang. Suhu air panas disini berkisar antara 70-80 derajat celcius. 

Opang salah seorang pengelola Batu Kuwung ini menjelaskan bahwa “Nama Batu Kuwung diambil dari nama Batu yaitu Batu Kuwung yang berarti cekung” Katanya.

Laki-laki asli Paarincang ini menambahkan bahwa “Batu itu dahulu dipakai sebagai tempat seorang yang memiliki harta banyak dan jahat, akhirnya ia bertapa untuk menghilangkan sifat jahat dan kutukannya. Kutukan yang diberikan kepadanya adalah kelumpuhan kaki yang begitu lama. Dan pada akhirnya kaki saudagar itu bisa sembuh setelah selesai bertapa dan berendam dalam kolam air panas di atas batu tempat ia bertapa” Tambahnya.

Pemandian Air Panas Batu Kuwung memiliki 2 kolam air dingin, dan 1 kolam air panas untuk berendam. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa melakukan aktifitas berenang atau sekedar duduk-duduk dan berendam di kolam. 

Tempat ini sering dikunjungi wisatawan, karena air panas yang dihasilkan di pemandian Batu Kuwung konon bisa digunakan sebagai pengobatan atau terapi. Selain dapat merasakan hangatnya air panas di pemandian ini, pengunjung juga dapat menikmati hawa pegunungan yang sejuk dan panorama alam yang asri.
Share this post :