Home » , , , , » PENDOPO DISULAP JADI MUSEUM

PENDOPO DISULAP JADI MUSEUM

Written By Turis Banten on Rabu, 16 Juli 2014 | 19.50



Sekitar abad ke-19 Pada awalnya bangunan ini merupakan kantor Residentie Van Bantam, lalu pada tahun 1974. Gedung peninggalan pemerintah colonial Belanda itu jadikan Rumah Dinas Gubenur Banten.

Namun setelah Kantor Gubernur Provinsi Bnaten dipindahkan ke Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Kecamatan Curug, Kota Serang. Gedung pendopo yang lama saat ini sudah tidak lagi digunakan, sehingga terlihat kumuh.

Melihat tidak terawat dengan baik Pendopo Gubenur Banten, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akhirnya berniat untuk menjadikan pendopo Gubernur Banten menjadi Museum Banten.

Terlebih lagi alasan paling diterima adalah karena keberadaan pendopo tersebut berlokasi di pusat kota, sehingga banyak yang menilai sangat strategis apabila kawasan pendopo Gubernur Banten tersebut dijadikan Museum Banten. Rencananya, pembangunan museum itu akan dialokasikan di anggaran APBD Perubahan 2014.

Ujang Rafiudin sebagai kepala Upt Balai Budaya disbudpar provinsi banten mengatakan bahwa mulai tahun 2015 seluruh koleksi museum yang saat ini berada di Balai Budaya Provinsi Banten akan dipindahkan ke pendopo yang berlokasi di di Jalan Brigjen KH Sjamun nomor 5 Kota Serang, yang sebelumnya dijadikan sebagai Rumah Dinas Gubenur Provinsi Banten.

“Program ini merupakan arahan dari Plt Gubenur Provinsi Banten h. rano karno, selain dijadikan museum pendopo in rencananya juga akan dijadikan pusat kegiatan kesenian dan kebudayaan para sanggar-sanggar yang ada di Provinsi Banten” Tambahnya.

Mengenai kelengkapan isi museum tersebut, Pemerintahan Provinsi Banten akan bekerja sama dengan museum yang ada di Leiden Belanda mengingat banyak barang-barang dan catatan tentang Banten yang ada di museum tersebut.
Share this post :